Tentang Kita

Informasi Seputar Masalah Penyakit Wanita dan Solusinya |
Obat Keputihan Alami | CRYSTAL X
Ampuh dan Teruji Mencegah dan Mengobati Keputihan | Cegah Kista | Bau Tak Sedap | Becek dan Penyakit Kewanitaan lainnya | Kontak Ibu Neny(Crystal X Center)WA : 081326350313 | BB:5799B7F9

Kamis, 05 Mei 2016

solie

Pentingnya Mengetahui Penyakit Kanker Payudara

Apa yang dimaksud dengan kanker payudara? Tentu saja sebagai seorang wanita,Anda tidak asing lagi mendengar istilah"kanker payudara".Kanker payudara kini merupakan salah satu"momok"mematikan dan paling menakutkan yang selalu menghantui kaum hawa.Banyak wanita yang menginjak usia 50 tahun keatas yang kini dihantui perasaan takut yang diakibatkan dari 'teror' menakutkan kanker payudara tersebut.Kanker adalah suatu kondisi ketika sel telah kehilangan pengendalian dan mekanisme normalnya sehingga pertumbuhannya menjadi tidak normal.

Kanker payudara(carcinoma mammae) merupakan suatu penyakit yang ganas dan berasal dari kelompok parencgyma.Kanker payudara ini merupakan salah satu jenis tumor ganas yang telah tumbuh dalam jaringan payudara.Kanker bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu,saluran susu,jaringan lemak,maupun jaringan ikat pada payudara.Penyebab kanker payudara ini sebenarnya tidak diketahui secara pasti.Akan tetapi ,ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seorang wanita menjadi lebih mungkin menderita kanker payudara ini.Namun,ada juga yang menduga jika kanker payudara ini diakibatkan suatu interaksi yang rumit dari banyak faktor,seperti faktor genetik,hormonal,pola hidup dan lingkungan sekitar.Namun,ada beberapa faktor risiko yang dapat ditengarai sebagai penyebab munculnya kanker payudara dari seorang wanita yang kini menjadi'malaikat penjemput ajal'nomor satu di dunia.

A.Faktor Risiko Kanker Payudara

   Faktor risiko munculnya kanker payudara,antara lain:

* Usia.Sekitar 60% kanker payudara terjadi pada usia di atas 60 tahun.Risiko terbesar penderita kanker payudara ditemukan pada wanita yang sudah berusia 75 tahun.
*Pernah menderita kanker payudara.Setelah payudara yang dulu pernah terkena kanker diangkat,risiko untuk terkena kanker payudara pada payudara penderita yang sehat sekitar 0,5-1 %.
*Riwayat dari keluarga yang dulu pernah mengalami  kanker payudara.Pada wanita yang dulu keluarganya pernah ada yang mengalami kanker payudara,akan memiliki risiko untuk terkena kanker payudara sebesar tiga kali lebih besar.
* Faktor genetik dan hormonal.Namun,anda jangan mengkawatirkan faktor genetika ini.Pada faktor genetika ini,tidak berarti bagi anda yang memiliki kanker payudara.Anda hanya memiliki risiko untuk mengidap kanker payudara saja dan ada kemungkinan juga untuk dapat menurunkan gen tersebut.Gen penyebab kanker payudara ini bisa diturunkan dari seorang orang tua kepada anaknya tampa terkait jenis kelamin anak tersebut.
*Menarche(menstruasi pertama kali),yaitu pada wanita yang dulu waktu mengalami menstruasi pertama kali pada usia 12 tahun dan menopause pada usia setelah usia 55 tahun,kehamilan pertama setelah usia 30 tahun atau belum pernah hamil.
*Pernah memakai pil KB atau pernah menggunakan terapi sulih hormon.
*Obesitas pasca menopause
*Pemakaian alkohol.Pada pemakaian alkohol lebih dari 1-2 gelas/hari,kemungkinan terkena kanker payudara lebih besar.
*Adanya bahan kimia.Beberapa penelitian telah menyebutkan beberapa bahan kimia yang menyerupai estrogen(misalnya,yang terdapat pada pestisida atau prodduk industri lainnya) mungkin akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara.
* DES(dietilstillbesterol).Bagi wanita yang mengkonsumsi DES untuk mencegah terjadinya keguguran,memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara.

Sampai saat ini,banyak gen penyebab kanker payudara yang belum diidentifikasi.Di antara beberapa gen penyebab kanker paayudara tersebut,yang sudah dapat diidentifikasi adalah gen BRCA1 dan BRCA2.Diperkirakan bahwa 1 dari 10 wanita akan menderita kanker payudara dan kemungkinan akan meningkat sampai dengan 90% pada wanita yang memiliki kelainan gen BRCA1 dan atau BRCA2.

Pada keluarga yang telah teridentfikasi memiliki gen tersebut,selain berisiko terkena kanker payudara,juga memiliki kemungkinan menderita kanker lain,seperti kanker ovarium,kolon dan prostat karena bagi anda yang telah memiliki gen BRCA1 dab BRCA2 tidak  hanya dimiliki oleh kaum wanita saja,tetapi juga bisa dialami oleh pria saja.





solie

About solie -

Siap Melayani Konsultasi Masalah Kewanitaan SMS:0896.1665.14102 | 0813.2635.0313 | WA:081215499213 | BB:5799B7F9

Subscribe to this Blog via Email :

Baca Juga