Tentang Kita

Informasi Seputar Masalah Penyakit Wanita dan Solusinya |
Obat Keputihan Alami | CRYSTAL X
Ampuh dan Teruji Mencegah dan Mengobati Keputihan | Cegah Kista | Bau Tak Sedap | Becek dan Penyakit Kewanitaan lainnya | Kontak Ibu Neny(Crystal X Center)WA : 081326350313 | BB:5799B7F9

Rabu, 01 Oktober 2014

solie

Keputihan (2)

Keputihan adalah sekresi vaginal abnormal pada perempuan. Hampir semua perempuan pernah mengalami keputihan. Dalam kondisi biasa, sebenarnya ini hal normal. Hal ini menjadi masalah dan disebut "keputihan" bila kondisinya terlalu banyak, gatal, bau, dan menyakitkan.


GEJALA

gejala keputihan dibagi 2 kiselompok, yaitu:
a. Keputihan fisiologis. Keputihan ini terjadi beberapa saat menjelang dans sesudah menstruasi,               maupun saat terangsang secara seksual. Cairan dari vagina berwarna bening, tidak berbau, tidak         gatal,cairan bisa sedikit, bisa cukup banyak.
b. Keputihan patologis. Keputihan ini karena adanya penyakit atau infeksi. Beberapa penderita               penyakit ini akan merasakan nyeri pada saat berhubungan intim dengan pasangan. Hal ini tentu           saja akan mengganggu keharmonisan hubungan suami istri. Keluar cairan berlebihan yang keruh         dan kental dari vagina, cairan kekuningan, keabu-abuan, atau kehijauan, berbau busuk, anyir, amis,     terasa gatal.

PENYEBAB

Organisme penyebab keputihan adalah bakteri, virus, jamur, atau parasit. Keputihan bisa menjalar dan menyebabkan peradangan ke saluran kencing. Inilah yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri dan pedih saat buang air kecil.

MITOS

Beberapa mitos tentang keputihan adalah:
a. Mengonsumsi ketimun bisa menyebabkan keputihan.
Faktanya: Tidak ada zat apa pun dalam ketimun yang bisa menyebabkan keputihan.
b. Mengonsumsi nanas bisa menyebabkan keputihan.
Faktanya: Hingga saat ini belum ada penelitian klinis yang mampu membuktikan kebenaran nanas mampu menyebabkan keputihan.
c. Pemakaian obat antiseptik bisa mencegah keputihan.
Faktanya: Pemakaian obat antiseptik justru akan membunuh flora normal yang berfungsi menjaga vagina dalam kondisi asam. Hal ini menyebabkan pH vagina menjadi dalam kondisi basa, sehingga jamur dan bakteri dapat tumbuh subur dan menyebabkan keputihan.


PENCEGAHAN

Hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah keputihan adalah:
- Jagalah selalu kebersihan di sekitar organ intim. Seusai buang air kecil, basuhlah vagina dengan air      bersih dan segera keringkan sebelum memakai celana dalam.
- Gunakan celana dalam yang menyerap keringat dnan nyaman untuk Anda gunakan sehingga tidak      menimbulkan stres akibat memikirkan urusan gerah bagian dalam.
- Gantilah celana dalam setiap kali terasa sudah lembap, terutama bila habis beraktivitas fisik yang        melelahkan dan mengeluarkan banyak keringat.
- Jaga kebersihan organ intim dengan produk pembersih yang aman. Lebih aman kalau Anda                 berkonsultasi dengan dokter sehingga produk pembersih yang digunakan bisa disesuaikan dengan       dengan kondisi Anda masing-masing.
- Jangan menaburkan bedak pada vagina karena akan bedak akan masuk ke mana-mana dan                   menyebabkan jamur bakteri tumbuh di banyak tempat.
- Jngan terlalu lama memakai jeans karena menyebabkan daerah di sekitar vagina menjadi lembap         dan sirkulasi udara dalam tubuh tidak baik.
- Gantilah pembalut sesering mungkin saat haid.
- Bagi yang senang menggunakan panty liner, gunakanlah seperlunya. Penggunaan panty liner yang     terlalu sering menyebabkan vagina menjadi lembap dan mengundang jamur serta bakteri.
- Kalau di toilet umum, sebaiknya gunakan toilet duduk.
- Jagalah kebersihan secara umum agar tetap sehat dan cantik.

PENGOBATAN

Pengobatan keputihan sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan cara membeli obat-obat anti keputihan di apotek. Namun karena kondisi dan riwayat kesehatan tiap orang tidak sama, setiap orang bisa bereaksi berbeda terhadap obat yang di jual bebas tersebut. Oleh karena itu, bila memang keputihan sudah mengganggu, datanglah ke dokter. Pemeriksaan medis secara mendalam akan dilakukan secara  mendalam akan dilakukan sehingga dapat diambil tindakan yang tegas dan sesuai untuk mendapatkan kesembuhan yang terbaik dan tercepat.


INFO KESEHATAN

Yang perlu diperhatikan dalam penanganan keputihan adalah:
- Hindari membilas vagina dengan obat pembersih yang dapat mengganggu keseimbangan flora           fauna.
- Setelah buang air kecil atau besar, bilaslah dengan arah dari depan ke belakang supaya area vagina     tidak tercemar oleh kuman dari feses.

solie

About solie -

Siap Melayani Konsultasi Masalah Kewanitaan SMS:0896.1665.14102 | 0813.2635.0313 | WA:081215499213 | BB:5799B7F9

Subscribe to this Blog via Email :

Baca Juga